Olahraga: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tujuannya

KOMPAS.com – Olahraga adalah jenis kegiatan yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga menjadi sarana meraih prestasi.

Mengutip KOMPAS.com Health, olahraga berbeda dengan aktivitas fisik biasa. Aktivitas fisik merujuk kepada gerakan yang membutuhkan kontraksi otot. Kegiatan sehari-hari seperti naik tangga, berkebun, dan membereskan rumah adalah contoh dari aktivitas fisik. Sementara itu, olahraga adalah bentuk khusus dari aktivitas fisik yang terencana dan sengaja dilakukan untuk menyehatkan badan.

Baca juga : PON XX PAPUA 2021, TIM TAEKWONDO JABAR PASTIKAN KESEHATAN ATLET

Contoh kegiatan olahraga adalah senam, renang, bersepeda, dan sebagainya. Pengertian Olahraga Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, seperti contohnya sepak bola, berenang, dan lempar lembing. Olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim, dilakukan untuk hiburan.

Manfaat Olahraga Ada banyak jenis aktivitas fisik dalam olahraga, termasuk berenang, berlari, berjalan, menari, dan lainnya. Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Dilansir KOMPAS.com dari Healthline, berikut adalah manfaat olahraga secara teratur.

Meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, serta stres.

Membantu menurunkan berat badan.

Membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang.

Meningkatkan energi, baik untuk orang yang sehat atau mereka yang menderita berbagai kondisi medis.

Mengurangi risiko penyakit kronis.

Menjaga kesehatan kulit.

Menjaga kesehatan dan memori otak.

Membantu meningkatkan kualitas tidur.

Membantu menghilangkan rasa sakit kronis.

Jenis-jenis Olahraga Jenis olahraga yang umum dilakukan oleh masyarakat sehari-hari contohnya adalah lari, jogging, bersepeda, renang, dan senam. Selain itu, pada era modern seperti sekarang ini, ada banyak cabang olahraga yang dipertandingkan baik di level nasional atau internasional. Di Indonesia sendiri ada beberapa cabang olahraga yang menjadi favorit masyarakat. Lima jenis olahraga favorit masyarakat Indonesia adalah sepak bola, bulu tangkis, bola voli, tenis meja, dan bola basket.

Tujuan Olahraga Kegiatan

olahraga memiliki tujuan utama yaitu membuat tubuh menjadi sehat. Meski demikian, jenis olahraga yang dilakukan setiap orang juga memiliki tujuan berbeda-beda. Mengutip KOMPASPedia, tujuan olahraga dibedakan menjadi empat yaitu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga rehabilitasi, dan olahraga prestasi. Olahraga pendidikan adalah materi olahraga yang digunakan dalam kurikulum pendidikan.

Adapun, anak-anak sekolah di Indonesia mengenal mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Olahraga rekreasi adalah aktivitas olahraga untuk bersenang-senang dan bergembira. Olahraga rehabilitasi merupakan jenis olahraga yang digunakan untuk memperbaiki kondisi tubuh seseorang. Olahraga prestasi adalah kegiatan olahraga yang bertujuan untuk meraih prestasi dengan cara mengikuti pertandingan atau perlombaan.

Penulis : Ervan Yudhi Tri Atmoko
Editor : Ervan Yudhi Tri Atmoko

Baca juga : PON XX PAPUA 2021, KALBAR OPTIMISTIS DAPAT MEDALI DI BASKET

Bagikan :